Langsung ke konten utama

RUANG



Seingat ku, pertama kali kita bersua hanya sebatas mengandalkan perangkat teknologi. lewat Fesbuk, saya berhusaha menghadirkan sosok virtual mu seolah sedang bercakap di depan ku. Rupa-rupanya kamu tak tahu bahwa saya sedang memuji, juga sesekali sedang menguji . Saat itu saya sedang menerawang mu, mencoba merasakan kejutan –kejutan apalagi yang bakal kau tumbahkan walau hanya sapaan status terkini. Rasa-rasanya tak ada lelaki segembira diri ku ketika menanti mu di penghujung sisa sisa penghabisan malam itu.
Perkara waktu bagi mu adalah upaya merangkai senja berputar seirama dengan ayunan gerak pedal sepeda. Melewati setiap gang, menghirup udara pagi, lalu sesekali kulit mu gosong terpapar matahari nyaris tak kau hiraukan. Gerak mu seolah sedang bicara bahwa akulah yang angkuh itu. Akulah sang batu yang tak akan tergoyah oleh guyonan lelaki. Tak akan pernah goyah tentu ini adalah sebuah pengharapan. Bagi ku, sekecil apapun harapan itu asal masih  tentang  hal- hal yang terkait dengan mu, entah itu sisa pembakaran kemenyan di malam  Jumat kliwon kemarin, aroma khas keringat tubuh mu, hingga bekas lintasan sepada yang kau gowes kencang di depan ku, selagi menyimpan jejak tentang mu, akan ku rekam lalu dipajang pada etalase rumah ku. Perkara tentang jejak itu telah ku maknai sebagai rintihan maha kudus yang pantas dirayakan.
Kamu masih berada pada titik itu, belajar dan berkawan. Aku sebenaranya berada pada ruang ada dan waktu yang sama dengan mu. Namun walau berada di Ruang dan waktu yang sama nyatanya tak selalu berbuah manis. Pada akirnya aku menjadi pribadi yang kesulitan mempercayai adanya lintasan kemungkinan-kemungkinan lain dalam ruang yang sama.  Perindahan ruang jutru membentuk kenyamaan masing-masing. Aku disini sedang merajut kenangan hasil terawangan mesin pemintal kenangan. Sementara otak kanan mu masih lumpuh, kesulitan menangkap deretan implus tentang ku. Saya adalah kesenyapan dan  keheningan sekaligus bagi mu .
Tak apalah. Cukup obralan kita malam itu sudah menjawab semua tentang mu menjadi arsip bernyawa. Sekali waktu ia mampu ku panggil kapan pun. Anggap saja ini proses.  Proses mencintai mu adalah proses pertapaan terlama. Serupa Biksu Tong berkelana ke Barat mencari kitab suci. Kamu adalah tumbukan kitab klasik yang harus dibaca tuntas . Membaca-mu tak bisa hanya separoh kitab apalagi hanya sebatas paragaf pembuka semata. Membaca tentang mu adalah usaha melawan lupa itu sendiri.
      Aku mencintai mu kini tak sepantasnya dengan cara sederhana, sebagaimana omongan Sapardi Djoko Damono yang terkenal itu. Mencintai mu adalah hal terumit yang pernah ku temui. Serupa usaha ku membaca buku Filsaat klasik yang tak kunjung khatam, harus ditelisik halaman demi halaman. Meskipun itu rumit, saya selalu mampu menyederhanakan bilangan dan aksara tentang mu menjadi mudah dipahami. Kenapa? Sebab selalu ada rindu yang tertunda nonggol dalam denyut ku. [].

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Buku Teori Budaya, karya David Kaplan dan Robert Manners

Antropologi “ metodologi dan pokok soal dalam penyusunan teori” Pada pembahasan awal Buku karya Kaplan dan Manners yang bertajuk teori budaya ( the teory of culture ) mengetengahkan masalah mendasar Antropologi sebagai suatu bidang pengetahuan yang mendisiplinkan diri dalam kaidah ketat epistemology,   pada akhir abad sem bilan belas. Menurut keduanya, pokok –pokok problem yang diperhatikan Antropolog dapat diringkas menjadi dua pertanyaan besar yang saling terkait, yaitu   pertama, bagaimanakah berkerjanya berbagai system budaya yang berbeda-beda? kedua, bagaimanakah sistem-sistem budaya yang beraneka ragam itu   mendapat tempat seperti saat ini? (Kaplan &Manners hal 2)                 Problem mendasar dalam uraian akademis yang dikemukakan oleh Kaplan dan Manners tersebut,   merujuk pada pemahaman mengenai perbedaaan   pada setiap budaya, baik dari segi ruang maupun waktu, dimana semua budaya sama. Sehingga keduanya beranggapan memungkinkan disiplin Antropologi t

Resensi: Simulasi dan Hiperrealitas dalam film SIMONE

   Ciri khusus genre film sains fiksi Holywood kerap kali mengetengahkan ide tentang keunguulan komputerisasi sebagai satu-satunya instrument penting industri film Amerika serikat dewasa ini. Ilustrasi dimensi ruang dan waktu dalam virtualisasi kapsul digital menjadi penanda dimulainya  era digitaliasi sebagai tema mainstrim performativitas film Holywood, setidaknya 10 tahun belakangan.       Dari sekian banyak film bergendre sains fiksi, salah satu yang masuk kategori film favorit-ku tahun 2011 jatuh pada SIMONE. Film besutan sutradara Anderew Nicola yang dibintangi aktor Alpacino ini, sempat direkomendasikan oleh ketua prodi Kajian Budaya dan Media, Prof. Heru Nugroho sebagai salah satu dari sekian banyak tugas mata kuliah teori kritis dan posmodernisme.       Sekedar catatan, melalui film ini setidaknya kita diajak berkenalan dengan sejumlah teori postmodernisme. Lewat Simone memungkinkan siapa saja bisa mengenaliasis fenomena  digitaliasi masyarakat kontemporer.  Ter

Menjadi Abnormal

#Tulisan lawas- Juli 2009     P erkembangan teknologi informasi memungkinkan siapa saja terlibat aktif menjalin hubungan dengan siapapun dan dimanapun. Perangkat jejaring sosial   yang akhir-akhir ini digandrungi hampir semua kalangan, menjadi petanda bahwa teknologi informasi dan komunikasi adalah salah satu instrument penting dalam   prasayarat pergaulan sosial. Meskipun stigma ini belum menjadi dasar   pembenaran.    Berbicara soal peluang dan kesempatan terkait situs jajaring sosial. Saya punya pengalaman unik, aneh dan mungkin bisa dibilang berlebihan. Kejadian ini bermula ketika   sebagian   teman-teman kampus   jadi pengguna aktif friendster salah satu situs jejaring sosial. Awalnya,   Jamil kerabat saya se-kampus dan juga se-kampung meperkenalakan mesin ini. Dari dialah cerita kecanggihan friendster yang katanya sanggup membuka akses komunikasi virtual dengan siapa saja dari pelosok dunia, terpaksa   saya mengharuskanya membuatkan accout di situs itu.      Sebena